Wednesday, January 4, 2012

Hal Menarik dari Mars Marie Joseph

Mars Marie Joseph

oleh : A. Susilo Wijoyo, Pr.

Kami putra-putri Marie Joseph

Bulatkan tekad satukan hati
Meraih cita-cita yang tinggi
Demi tujuan yang suci

Cerdas, Kreatif, Ceria, Mandiri
Ikut serta mencerdaskan bangsa
Kembangkan ilmu, kuatkan iman
Demi masa depan kita



Kami putra-putri Marie Joseph
Bulatkan tekad satukan hati
Meraih cita-cita yang tinggi
Demi tujuan yang suci

Cerdas, Kreatif, Ceria, Mandiri
Ikut serta mencerdaskan bangsa
Kembangkan ilmu, kuatkan iman
Demi masa depan jaya

Ada hal menarik di dalam lirik dari mars Marie Joseph, yaitu pada bagian Reff nya tepatnya pada bagian kalimat “Cerdas, Kreatif, Ceria, Mandiri”.
Kenapa yang dipilih kok Cerdas ya, bukan Pintar, kalau menurut analisis saya adalah sebagai berikut :
Kata Cerdas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001 mempunyai yaitu sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb); tajam pikirannya. Atau dengan kata lain manusia cerdas adalah manusia yang memiliki kemampuan cepat mengerti, cepat memahami, cepat menangkap maksud dari suatu kondisi/keadaan. Sedangkan Pintar adalah banyaknya ilmu yang manusia peroleh dari proses pembelajaran secara formal di sekolah atau pun informal lewat lingkungan sekitar dan pengalaman hidup. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Cerdas dan Pintar itu adalah istilah yang berbeda tapi saling terkait. Orang Cerdas rata-rata bisa pintar, tetapi orang pintar belum tentu semuanya cerdas.

Kata yang berikut adalah Kreatif, yang berarti memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan. Di zaman yang semakin sulit ini akan sangat baik apabila kita memiliki kemampuan untuk mencipta misalnya untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Kata Ceria berarti bahagia, gembira, dalam berbagai hal dikehidupan ini kita sangat membutuhkan kebahagiaan, dan kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang datangnya dari dalam diri bukan dari luar diri, kalau kita bisa menjadi manusia yang ceria dan kemudian juga dapat menghasilkan manusia ceria melalui cara kita mendidik, wow...pastinya akan terasa ringan masalah-masalah hidup yang kita hadapi sehari-hari.

Kata terakhir yaitu Mandiri berarti dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain. Meskipun manusia dikatakan sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan tetapi harus diingat membutuhkan itu bukan berarti menjadi bergantung, dengan memiliki kemampuan mandiri maka manusia akan mampu melaksanakan apa pun yang menjadi tanggung jawabnya.  

Jadi “Cerdas, Kreatif, Ceria, Mandiri” menurut saya ini adalah suatu visi yang mengandung cita-cita yang mulia apabila diterapkan dalam proses pendidikan. Maju terus Sekolah Marie Joseph !!..

No comments:

Post a Comment